Senin, 20 Desember 2010

My Diary (Shesa)



  Sinopsis:

On your birthday, pasti terselip embel-embel pertanyaan seperti, 
"Udah umur segini, mana pacarnya?” “Kapan kenaikan kelas?” 
Yang paling sebel, kalau mereka udah nanya soal love life.
Kayak “Udah punya pacar belum?”
“Kok gak pernah dibawa ke sini?”, “Kapan tunangan?”.

I mean, siapa sih yang gak pernah:
·         Suka dua-duanya
“Listen to me, cokelat adn kartu warna merah ini buat Kak Giza! Inget, buat KAK GIZA, si Playmaker! Nah, kartu yang biru ini buat si Mr. Y! Oke? Awas lho, jangan sampai ketuker!!”
·         Sindrom I Love My Self-isme
“Setelah kurang lebih satu jam akhirnya aku menemukan celana jeans yang bawahnya dilipat, tank-top dan cardigan Guess plus sepatu Vincci. Beberapa orang memandangi kami. Beginilah resiko jalan sama mantan Abang Jakarta. Entah tatapan ‘kok-bisa-sih-lo-bawa-cowok-sekeren-ini-ke-sini’ atau tatapan ‘gila-ya-anak-SMA-jaman-sekarang-seleranya-oke-juga.’ We really are the beauty and the best!
·         In Love With The Wrong Guy
Wait... wait... What does he mean by “anakku”? Ex-wife? Oh God, my Prince Charming is a perfect widower!
And finally...
·         Dumped by The Wrong Guy
Jadi selama ini dia Cuma nganggep aku sebagai babysitter-nya Prue aja! Dia bener-bener The Best Actor Ever After karena mampu memainkan perannya sebagai tokoh utama film How To Fool A High-School Babe...
How to survive it all with style?
Follow my journey...

Novel ini alurnya maju-mundur, banyak yang mengisahkan tentang perjalanan cinta seorang Batavia—atau Via—mulai dari jaman SMA sampai sekarang di umurnya yang ke-24 ini.

[SPOILER ALERT !!]

Hari itu, hari ulang tahun Via yang ke-24. Ibu dan sepupunya merencanakan surprise party malam nanti untuknya, tapi berhubung dia harus dandan ke salon dan bla bla bla lainnya, mau nggak mau rencana surprise party itu harus bocor. Nah, setelah itu cerita beranjak ke masa saat Via masih SMP...

Jadi, pas masih SMP, Via naksir kakak kelasnya, Yusuf, yang tinggi nan tampan. Tapi, dia juga naksir Giza yang jago basket, dan juga temen Yusuf (alias Mr.Y) sendiri! Pas Valentine, Via juga nekat ngasih cokelat ke dua-duanya. Saat keduanya merespon, Via banyak berharap, tapi sayangnya, Mr.Y udah pacaran sama cewek lain, sementara Giza gak ada kabarnya sampai akhirnya mereka berdua lulus SMP.

Memasuki SMA, Via jatuh cinta lagi nih, hehehe. Tapi bukan sama cowok sekolahnya, melainkan sama duda satu anak yang adalah anak dari teman ibunya! Duda itu—Aldi—ditinggal istrinya bersama anaknya, Prue. Via langsung jatuh cinta saat bertemu di rumah sakit. Bahagianya, pertemuan itu gak sampai di situ. Via sering bertemu Aldi, bahkan Aldi pernah mengantarnya pulang sekolah. Aldi juga sering mengajaknya jalan. Aldi juga sering mengajaknya ke apartemennya, memperkenalkannya pada Prue. Semenjak itu, Via jadi suka mengurus Prue di apartemen Aldi lantaran Aldi sering lembur kerja.

Via dan Aldi makin akrab tentunya. Sampai suatu ketika, tujuh hari lamanya Aldi menghilang. Via mencarinya, tapi sms dan teleponnya tidak diangkat. Di hari ketujuh, Aldi muncul di hadapan Via dan mengajaknya pergi. Di sana, Aldi menjelaskan bahwa ia akan menikah, dan selama tujuh hari kemarin ia mempersiapkan pernikahannya. Hati Via hancur seketika. Ya gimana nggak, selama ini Aldi terkesan memberi harapan lebih padanya.

Setting novel kembali ke masa sekarang, saat hari ulang tahun Via ke-24. Malam saat surprise party itu, Via bertemu Radja, teman masa SD-nya. Mereka ngabisin malam itu buat cerita-cerita, buat nostalgia. Dan yaah bisa tau lah kalau akhirnya nih, Via pacaran sama Radja, lalu menikah dan hidup bahagia :)

Novel yang lucu, termasuk favorit saya. Kalimat-kalimat lucu yang dilontarkan sang pengarang dalam menggambarkan perjalanan cinta Via membuat saya tergelak. Perjalanan panjang seorang Batavia dalam mencari cinta (ceileh) patut diteladani, hahaha...

Rating :




Judul             : My Diary
Pengarang   : Shesa
Penerbit       : Terrant Books
Halaman      : 198 halaman
ISBN              : 979-3750-38-9

0 comments:

Posting Komentar

Blog Template by SuckMyLolly.com