Selasa, 14 Desember 2010

Ramalan Fudus Ororpus (Julia Stevanny)



Sinopsis:

Perempuan tua aneh itu datang pada suatu siang dan mengacaukan hidup Deryn. “Fudus Ororor!” katanya dengan suara bergetar mengerikan. Matanya membeliak dan tangannya bergerak-gerak liar. “Naik, turun, lurus, terputus... Oh, nasibmu sangat buruk, Nak! Kau dilahirkan tanpa garis jodoh! Kau ditakdirkan untuk menjadi perawan tua!”

Diramal begitu jelas membuat Deryn bete. Apalagi Rosaline, adiknya yang kutu buku bilang bahwa ramalan Fudus Ororpus adalah ramalan paling tepat di dunia. Celaka nggak tuh!
Apalagi runtutan kejadian berikutnya yang terjadi dalam hidup Deryn sesuai dengan isi ramalan!

Terus, ramalan itu bener nggak sih? Masa Deryn harus ngejomblo seumur hidup...? Ah, nggak kuat...

[SPOILER ALERT !!]

Mengisahkan tentang seorang cewek bernama Deryn. Suatu hari rumah Deryn kedatangan nenek tua. Ia meramal seluruh keluarga Deryn. Ramalan untuk ketiga kakaknya dan kedua adiknya memang bagus, sangat bagus, tapi tidak untuk dirinya! Ia diramal ia akan ngejomblo seumur hidup! Bayangkan!

Sementara itu, Deryn naksir sama temen sekolahnya, Arden. Arden yang digilai banyak cowok, bikin Deryn minder. Walau gitu, ia nekat ngasih Arden surat cinta lewat sahabatnya Micha, karena belakangan ia sering mendapati Arden senyum ke arahnya. Tapi ternyata... *jrengjreng* kenyataan memang tak seindah bayangan. Arden itu bukan senyum ke arahnya, tapi ke arah Micha! Deryn murka, apalagi begitu melihat Micha jalan berdua Arden pulang sekolah—sekolah sepi dan ia mengintip mereka diam-diam. Hal ini jelas bikin Deryn tambah ngeri bahwa ramalan si Fudus Ororpus itu memang benar-benar terjadi!

Setelah membongkar hubungan Arden-Micha, Deryn mengalami pertengkaran hebat dengan Micha dan mereka sempat putus persahabatan. Tapi Deryn mengerti, Arden lebih berharga bagi Micha dibanding dirinya, karena itu ia merelakan hubungan keduanya. Tulus dari hatinya.

Tapi Tuhan memang maha adil.
Saat pernikahan Anne (kakak tertua Deryn), Deryn ketemu Farren, cowoknya Rosalie (adik Deryn) yang seumuran dengannya. Setelah itu, Deryn sering menerima bunga mawar plus puisi romantis dari cowok nggak dikenal dengan inisial F.A. Sementara itu, Rosalie sering banget ‘ninggalin’ cowoknya, Farren, di rumah bersama Deryn dengan alasan ingin ke perpustakaan sendirian. Farren juga nggak keberatan, dan dia malah ngerjain tugas-tugas sekolah Deryn (emang dasar cowok rajin dan pinter).

Seiring berjalannya waktu, Deryn menyadari bahwa tulisan-tulisan Farren di bukunya sama persis dengan tulisan puisi di bunga-bunga yang diterimanya. F.A = Farren Alexandro. Deryn kaget, dan ia menulis surat balasan untuk si F.A, agar menemuinya sepulang sekolah. Awalnya ia mengira F.A adalah Farren, tapi ternyata... F.A adalah Frey Alexandro, adik kembar Farren yang emang nggak ada beda dari ujung rambut sampe ujung kaki. Frey ternyata naksir Deryn setelah melihat fotonya saat pernikahan Anne. Dan yep.. bisa ditebak, mereka berdua jadian walau ada sedikit konflik dalam prosesnya ^_^

Lalu suatu hari... Nenek tua peramal itu datang lagi. Ia memberitahu, bahwa nasib Deryn telah berubah. Ia nggak akan menjomblo seumur hidup. Ia telah merelakan orang yang dicintainya, Arden, untuk sahabatnya, Micha. Perbuatan itu nggak gampang dilakukan, tapi Deryn melakukannya dengan tulus. Karena itu, “Dewa” memberikan imbalan berlipat-lipat pada Deryn, dan... *jrengjreng*... garis jodoh Deryn berubah!

Rating: 






Judul             : Ramalan Fudus Ororpus
Pengarang    : Julia Stevanny
Penerbit        : PT Gramedia Pustaka Utama
Halaman      : 219 halaman
ISBN              : 979-22-1481-X

0 comments:

Posting Komentar

Blog Template by SuckMyLolly.com