Jumat, 24 Februari 2012

My Partner (Retni SB)

Sinopsis:

Sudah jatuh, ketimpa tangga, ketumpahan cat, kepeleset, terjungkal masuk sumur, lecet benjol, berdarah-darah, kemudian dicaplok buaya nganga. Begitulah perumpamaan kisah hidup Tita sekarang. Jungkir balik, berantakan secara mengerikan.

Ini bukan mimpi! Papanya dianggap koruptor, jadi tumbal dan masuk penjara. Efeknya? Mama harus dirawat karena depresi, adik mogok sekolah, pacar menghilang, sahabat menjauh, dan ujung-ujungnya, semua aset keluarga disita guna membayar ganti rugi negara. Seperti belum cukup, dia masih harus berhadapan dengan Dido: cowok keren berkedok dewa yang nyaris melahapnya!

Ini bukan sinetron! Karenanya Tita tak sampai banjir air mata hingga ratusan episode. Dia harus tetap berdiri tegak untuk melanjutkan hidup. Dia harus bisa tertawa cerah bagai mercusuar di gelap kehidupan keluarganya. Apalagi akhirnya dia tahu, ada seseorang yang tak membiarkannya sendirian tergulung badai. Seseorang yang tanpa disadarinya, selama ini telah menjaganya.




* * *


"Di lapas ada Pak Ujang—petugas jaga—yang mau membantunya bertemu Papa sebentar saja, walau bukan jam besuk. Tentu untuk itu dia harus menyelipkan selembar uang dan sebungkus rokok. Huh, dia jadi tukang suap sekarang. Memang begitu aturan mainnya." (hlm.178)


Retni SB membawa kita kepada realita kehidupan politik Indonesia sekarang. Korupsi dimana-mana. Suap yang tak mengenal waktu dan tempat. Dan ironisnya, juga dipaparkan dengan jelas bagaimana tidak adilnya hukum di negara ini. Tak ada kejelasan hukum. Satu orang menjadi tumbal untuk beberapa pihak lain yang masih berkeliaran di luar sana. Uang benar-benar membutakan mereka.

Yang kena imbas adalah Tita, gadis lulusan Arsitektur yang hidupnya bagaikan tersambar petir. Papanya divonis hukum penjara 6 tahun dan harus mengganti rugi 110 milyar (yang sebenarnya bukan papanya yang mengkorup, tapi apa daya hukum yang tak adil). Belum lagi bayaran ini-itu yang tak bisa diabaikan.

Kamis, 23 Februari 2012

Orange (Windry Ramadhina)

Sinopsis:

‘Dikuncinya pintu di belakangnya lalu ia bersandar lemas pada pintu tersebut. Ia seperti dipaksa menyadari kenyataan. Konyol rasanya, bercinta dengan Diyan di dalam kamar yang penuh dengan kenangan mengenai Rera. Ah, dirinya kesal setengah mati.’

Faye ditunangkan. Tanpa dasar cinta dan murni karena alasan bisnis. Calon tunangannya, Diyan, adalah eligible bachelor yang paling diinginkan di Jakarta. Laki-laki yang tak bisa melepas kenangan masa lalunya dengan seorang model cantik blasteran Prancis.

Harusnya hubungan mereka hanya sebatas ikatan artifisial saja. Tapi cinta, ego, dan ambisi yang rumit mendorong mereka ke situasi yang lebih emosional. Situasi yang mengharuskan mereka memilih dan melepaskan.

Pertanyaannya: apa... dan siapa?



* * *

Dari sinopsisnya, sudah tertera jelas bahwa tokoh wanita (Faye) dan lelaki (Diyan) ditunangkan.

Faye anak tunggal keluarga Muid, lebih berminat pada fotografi (dan ia sudah menggeluti bidang itu selama sepuluh tahun di New York) dan tidak tahu menahu tentang bisnis, padahal Muid jelas terkenal karena bisnis perhotelannya. Ada lagi keluarga Adnan, yang juga bergerak dalam bidang bisnis, yang adalah teman baik sekaligus rekan kerja keluarga Muid. Jadilah, Fayrani Muid dan Diyan Adnan dijodohkan supaya Diyan dapat mewarisi bisnis keluarga Muid juga.

Sabtu, 18 Februari 2012

I Hate Rich Men (Virginia Novita)

Sinopsis:

Adrian Aditomo benar-benar tipikal pria kaya yang dibenci Miranda, tidak peduli betapa tampan dan seksinya pria itu. Sifatnya angkuh dan begitu superior.

Ada lagi, pria itu sinting! Adrian berani menculik Miranda hanya untuk mengatakan kalimat yang tidak masuk akal—“Adik Anda merebut tunangan saya,” kata pria itu dingin.

“Hah?” Hanya itu yang bisa dikatakan Miranda. Apakah orang yang dimaksud pria itu adalah Nino? Nino-nya yang masih berumur tujuh belas tahun dan masih polos? Tidak mungkin Nino-nya yang masih remaja itu menyukai wanita yang lebih tua, apalagi milik orang lain!

Demi untuk membersihkan nama baik Nino, Miranda terpaksa bekerja sama dengan Adrian. Hal yang sangat sulit dilakukan karena mereka berdua tidak pernah sependapat dan selalu bertengkar.

Seharusnya sejak awal Miranda menolak berurusan dengan Adrian. Ia benar-benar mengabaikan firasatnya. Firasat yang mengatakan Adrian mampu menjungkir-balikkan hidupnya dan terutama... hatinya.


* * *

Saat membaca sinopsisnya, saya mengira ini akan jadi kisah cinta biasa. Tokoh wanita benci pada tokoh pria, yang kemudian berubah menjadi cinta. Seperti itulah yang umumnya ada. Namun, tak mungkin kalau novel ini direkomendasikan dan disukai orang-orang seandainya jalan ceritanya memang hanya seperti itu.

Hmm benarkah itu? Let's see...

Kamis, 16 Februari 2012

Unforgettable (Winna Efendi)

Sinopsis:

Ini adalah satu kisah dari sang waktu tentang mereka yang menunggu. Cerita seorang perempuan yang bersembunyi di balik halaman buku dan seorang lelaki yang siluetnya membentuk mimpi di liku tidur sang perempuan.

Ditemani krat-krat berisi botol vintage wine yang berdebu, aroma rasa yang menguar dari cairan anggur di dalam gelas, derit kayu di rumah usang, dan lembar kenangan akan masa kecil di dalam ingatan.

Pertemuan pertama telah menyeret keduanya masuk ke pusaran yang tak bisa dikendalikan. Menggugah sesuatu yang telah lama terkubur oleh waktu di dalam diri perempuan itu. Membuat ia kehilangan semua kata yang ia tahu untuk mendefinisikan dan hanya menjelma satu nama: lelaki itu.

Sekali lagi, ini adalah sepotong kisah dari sang waktu tentang menunggu. Kisah mereka yang pernah hidup dalam penantian dan kemudian bertemu cinta.


* * *

Begitu melihat nama 'Winna Efendi', saya bergegas membelinya. Bagi saya, nama adalah jaminan. Apalagi setelah sempat browsing tentang buku barunya ini, beberapa mengatakan bagus. Berbeda. Dan, mereka benar.

Jadi mengisahkan seorang perempuan, novelis, pemilik wine house yang dikelola bersama kakaknya. Sehari-hari ia hanya duduk di samping jendela dengan laptop di hadapannya dan segelas wine di sampingnya.

Minggu, 05 Februari 2012

Satsuki Sensei (Primadonna Angela)

Sinopsis:

Satsuki dan Evan sama-sama suka judo. Evan kalah dalam pertandingan persahabatan, karenanya ia memberi julukan Satsuki Sensei, alias Guru Satsuki. Satsu kesal saat Evan memintanya bertanding sekali lagi untuk membuktikan siapa yang lebih kuat diantara mereka. Nggak penting banget, kan?

Apakah Satsu dan Evan akan terus berseteru? Bagaimana kalau cinta mendadak menyergap dan mengalahkan seluruh jurus yang mungkin diketahui Satsu?

* * *

Ada 10 cerita di kumcer ini. Rahasia Debora; Objet d'Art; Bintang dan Lazuardi, Satsuki Sensei; Transformasi Sita; Dewi Inspirasi; Kopdar; Kabarnya...; Surat Cinta; Devon, Itu Nama Gue.

Dan beberapa cerita yang tokohnya berhubungan satu sama lain. Misalnya, tokoh di cerita 3 adalah sahabat tokoh di cerita 4 dan 5. Lalu 3 tokoh tersebut satu sekolah dengan tokoh di cerita 1, 6 dan 10. Tapi ada juga cerita yang tokohnya ga ada hubungannya sama sekali dengan tokoh di cerita lain.

Vice Versa (Alanda Kariza)

Kumcer ini terdiri dari 18 cerita.

Cerita yang saya suka... sebenarnya banyak, karena unexpectedly Alanda Kariza mampu menyajikan tema dan topik yang berbeda di tiap ceritanya, dengan rangkaian kata yang manis dan matang. Saya suka kata-katanya. Bahasanya. Penyampaiannya.
 

* * *

Platonik. Kisah dua sahabat berbeda gender, yang suatu hari menimbulkan pertanyaan di benak sang perempuan: apakah mereka hanya sekedar sahabat? Lalu akan terus menjalani hubungan 'platonik' ini?

'98. Mengulang lagi tragedi tahun 1998. Kisah percintaan, persahabatan, dan juga perjuangan. Tekad kuat pemimpin. Kisah Radja yang 'gugur-dalam-perang' dalam demo tahun 1998. Bikin saya terenyuh. Semangatnya patut jadi teladan.

Drama. Cerita ini nggak panjang. Tidak banyak dialog pula. Tapi saya suka. Ending yang diberikan di luar dugaan. Dan menggantung. Tapi saya cukup puas.


Blog Template by SuckMyLolly.com