Selasa, 03 Februari 2015

[Review Komik] Fragments of Summer



Judul asli: Natsu no Kakera
Pengarang: Shinobu Amano
Penerbit: m&c!
Tahun: 2011

Komik ini terdiri dari 5 cerita pendek (kalau di sana istilahnya oneshot).

Fragments of Summer
Ketika menjenguk kakeknya di rumah sakit, Miyuki salah masuk kamar dan bertemu Madoka. Tadinya Madoka menyebalkan, tapi karena tiap hari bertemu, mereka jadi dekat. Tapi Miyuki juga tahu, setelah musim panas berakhir, ia harus kembali ke kota asalnya...

Fragments of Snow
Aya, seorang yang serius, hobinya membaca buku dan nongkrong di perpustakaan. Sementara Konno lebih mungil, ceria, manis, dan anggota klub PKK. Suatu hari, Konno kehilangan syal rajutannya dan meminta tolong dicarikan. Ketika Aya mencari di perpustakaan, ia melihat Touno, teman sekelasnya yang ternyata juga sahabat Konno sejak kecil, sedang mencium syal Konno. Aya tak sengaja tahu rahasia Touno, tapi melihat Touno begitu memperhatikan Konno padahal Konno merajut syal itu untuk orang lain, mengapa lama-lama Aya ikut memperhatikan Touno?


Fragments of Love
Kalau yang ini, tokohnya Konno. Ada beberapa kejadian di cerita sebelumnya yang diceritakan lagi di bagian ini (tapi dari sisi pandang Konno)—intinya mengenai klub PKK-nya dan untuk siapa ia merajut syal itu: ketua klub PKK-nya yang dingin, datar, perfeksionis, dan yang selalu mencela rajutannya.



Waiting for the Spring Novel
Ayah Hinata adalah seorang pengarang novel. Suatu hari, Hinata tertidur dan begitu ia terbangun, tiba-tiba tokoh-tokoh dalam novel ayahnya muncul dan mengajaknya bermain—lebih tepatnya, menemukan potongan suatu teka-teki.

The Color of Autumn, The Color of You
Ketika akan berangkat sekolah, tak sengaja pintu kereta terlanjur perlahan menutup sebelum Kanoko sempat naik. Namun ada seorang cowok menolong Kanoko, menahan pintunya sehingga Kanoko bisa naik. Sejak itu, Kanoko jatuh cinta. Tapi apa yang harus dilakukannya ketika cowok itu begitu dingin dan menganggapnya pengganggu?

“Kalau pemikiranmu seperti itu, hidup jadi membosankan. Harusnya kamu lebih optimis lagi!”
“Tapi ada, kok. Hal yang tidak bisa diapa-apakan lagi, ada banyak. Kamu cuma tidak tahu saja.”

* * * * * * *

AHHHH!! So beautiful!

Saya suka semuanya, dari cerita pertama sampai kelima, walaupun favorit saya tetap cerita pertama dan keempat. Tapi, saya bisa bilang dan jamin bahwa cerita-cerita yang lain nggak kalah mengesankan. Cerah seperti musim panas. Sejuk seperti musim gugur. Sunyi seperti musim dingin. Hangat seperti musim semi~

Nggak maksud SPOILER—saya bukan penggemar sad ending. Benci banget, malah. Kalau ada sad ending, biasanya saya lempar itu buku dan lanjutinnya nanti-nanti lagi *ganas* tapi untuk yang satu ini, cerita dengan sad ending bahkan rasanya bisa menyentuh.

Overall, sekali lagi dan nggak bosan saya bilang: suka banget semuanya!
Ini bukan cerita cinta dengan alur cepat yang biasa ditemui di shoujo manga biasanya. Ini kumpulan cerita yang sederhana, tapi penuh emosi dan menyentuh. Tiap cerita punya kesan tersendiri, punya alurnya masing-masing, yang menuntun ke ending yang... sweet
Bahkan cerita mengenai cinta bertepuk sebelah tangan aja bisa jadi cerita yang indah.

Shinobu Amano, mangaka favorit saya selanjutnya!


RATE: 4/5

4 comments:

Diyah mengatakan...

Ahhh, Amano Shinobu! Artnya cantik ceritanya juga cantik-cantik. Dari volume ini aku paling suka yang fragments of summer. Astaga! KEJER!!!!
Btw, Last Game udah ada yang nerbitin belum sih? Pengen baca versi Indonya...

Viktoria Mardhika mengatakan...

IYAAAA ceritanya mau sedih mau enggak tetep cakeeppp :'D
Udah ada Last Game yang nerbitin m&c! juga, rencananya Februari ini masuk volume 2. Aduh itu juga bikin geregetaaannn! *fangirling*

Selvia Sari mengatakan...

Baru tau nama komikusnya >< *plakkk*
Tapi kalau komik seri Last Game tau sih.

Coba baca Wedding Eve (level comic), katanya sih cerita-ceritanya menyentuh semua. Banyak yang rekomendasikan juga.

Viktoria Mardhika mengatakan...

Whoaa *barusan nyari komiknya* kayaknya beneran bagus. Makasih rekomendasinyaa hoho

Posting Komentar

Blog Template by SuckMyLolly.com